Bye Palangkaraya


Terkadang kita memasuki fase di mana menyepi menjadi kebutuhan. Ini bukanlah tanda kelemahan, melainkan langkah bijak untuk merenung dan memperbaiki diri. Fokus teralihkan dari kebisingan dunia luar, lebih kepada perbaikan batin dan spiritual. Saya merasakan bahwa keseimbangan emosional dan mental sangatlah penting, dan itu seringkali ditemukan dalam kesendirian.

Saya belajar untuk tidak terlalu terlibat dalam berbagai argumen yang tidak memberikan manfaat positif. Terkadang, berdebat dengan mereka yang memiliki pandangan berbeda hanya akan menguras energi dan memperburuk suasana hati. Lebih baik mengalah dan membiarkan mereka yang masih ingin berdebat dengan semangatnya. Saya menyadari bahwa tidak semua pertikaian harus dimenangkan. Terkadang, kebijaksanaan terletak dalam kemampuan untuk menyerah demi kedamaian.

Dalam proses ini, saya merasa semakin dekat dengan pemahaman bahwa Tuhanlah yang mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Saya menyerahkan segala perdebatan dan pertentangan kepada-Nya, karena Dia yang memiliki kebijaksanaan yang lebih tinggi dari kita semua. Ini memberi saya ketenangan batin yang sangat dibutuhkan.

Saya juga menyadari bahwa semakin bertambah usia, semakin besar kebutuhan untuk menemukan kedamaian dalam diri sendiri. Rasa lelah terhadap konflik dan pertengkaran semakin terasa. Seiring dengan bertambahnya usia, saya semakin memahami nilai damai dalam hidup. Lebih baik memilih untuk berdamai dengan diri sendiri daripada terjebak dalam siklus konflik yang tidak pernah berujung.

Maka dari itu, saya memilih untuk fokus pada hal-hal yang memberikan kebahagiaan dan kedamaian dalam hidup ini. Saya menerima bahwa tidak semua orang akan sependapat dengan saya, dan itu sudahlah menjadi bagian dari kehidupan. Yang penting adalah menjaga keseimbangan dan ketenangan batin dalam menyongsong setiap hari yang baru. Saya yakin, dengan memilih untuk berdamai dengan diri sendiri, saya akan menemukan kebahagiaan yang sejati dalam hidup ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Beradaptasi di Kalimantan Tengah buat Perantauan Jawa Agar tidak terjadi Cultural Shock

Meme dan Politik: Senjata Ampuh atau Bumerang?

Dampak Kenaikan Suku Bunga terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Skenario Multiplayer Efeknya