Jangan Bandingkan Dirimu Pada Yang Lain


Setiap orang memiliki perjalanannya sendiri dalam meniti kehidupan ini. Ada yang lulus kuliah pada usia 22 tahun, namun harus menunggu selama 5 tahun sebelum mendapatkan pekerjaan yang layak. Ada yang menjadi CEO pada usia 25 tahun, namun meninggal dunia pada usia 50 tahun. Sementara ada yang baru menjadi CEO pada usia 50 tahun, namun hidup hingga usia 90 tahun. Begitu juga dengan status pernikahan, ada yang masih sendiri, sementara teman sekolahnya telah menjadi kakek atau nenek.

Perjalanan hidup seseorang tidak bisa dibandingkan secara langsung dengan orang lain. Obama pensiun pada usia 55 tahun, sedangkan Trump memulai karirnya pada usia 70 tahun. Setiap individu berjalan sesuai dengan zona waktunya masing-masing. Orang di sekitarmu mungkin terlihat lebih maju atau terbelakang dibandingkan denganmu. Namun, sebenarnya setiap orang sedang berlomba dalam perlombaan hidupnya sendiri, dalam waktu yang telah ditentukan.

Tak perlu iri kepada orang lain. Mereka berada dalam zona waktunya sendiri, sedangkan kamu berada dalam zona waktumu. Jadi, santailah. Kamu tidak terlambat. Kamu juga tidak terlalu cepat. Kamu berada tepat waktu.

Pesan ini mengajarkan untuk menerima dan menghargai perjalanan hidup kita masing-masing. Kita tidak bisa mengontrol kapan kesuksesan akan datang, tapi yang bisa kita kendalikan adalah bagaimana sikap kita menghadapi hari dan bagaimana kita menjalani setiap langkah dalam hidup ini. Jadi, daripada membandingkan diri dengan orang lain, lebih baik fokus untuk menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Setiap langkah dan pencapaian yang kita raih memiliki nilai dan makna yang berbeda bagi kita. Jadi, teruslah berjalan, dan percayalah bahwa segala sesuatu akan terjadi pada waktunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Beradaptasi di Kalimantan Tengah buat Perantauan Jawa Agar tidak terjadi Cultural Shock

Meme dan Politik: Senjata Ampuh atau Bumerang?

Dampak Kenaikan Suku Bunga terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Skenario Multiplayer Efeknya