Ramadhan Rantau


Di belantara waktu yang terus mengalir, aku menapaki jalan menuju kedewasaan batin. Aku belajar untuk menyaring pikiran-pikiran yang melebihi kapasitas manusia yang terbatas ini. Apa yang tak perlu dipikirkan, biarkanlah terlepas dalam hembusan angin. Terutama jika itu urusan orang lain yang tak berkaitan denganku.

Dalam arena penilaian, aku menari di atas talas berlapis optimisme. Bagi yang kerap memelintir kata menjadi belenggu, aku abaikan saja. Kupilih mencium bunga-bunga pujian yang mewangi, sementara lalui tanpa henti belantara kata-kata toksik yang tak bernyawa. Dalam menyusun jalan, aku belajar mencari sinar di tengah kegelapan, menabur benih kebaikan di setiap celah yang terbuka.

Perjalanan ini seperti merenung di tepian danau yang tenang, mencerminkan langit biru yang tak terbatas. Aku belajar menangkap bayangan wajahku dalam setiap riak air yang bermain-main, menemukan kedamaian dalam pelukan alam. Dengan lembutnya, aku meraba jalinan benang-benang tak terlihat yang menghubungkan hati dan pikiran, menyatu dalam harmoni yang tenang.

Kurangi kehadiran mereka yang menghisap sari energiku, kata-kata mereka bagai badai yang mengamuk. Aku memilih menata ulang taman kehidupanku, menanam benih-benih harapan yang akan tumbuh menjadi bunga-bunga kebahagiaan. Dengan tiap hembusan angin, aku melepaskan belenggu yang membelenggu, menjelajahi ruang-ruang baru yang menantang.

Di sini, di panggung kehidupan, aku berdiri teguh dengan langkah-langkah penuh keyakinan. Aku bukanlah penari yang dipandu oleh jeratan penilaian orang lain, melainkan pelaut yang menelusuri lautan kehidupan dengan kemudi hati yang teguh. Dan dalam perjalananku ini, aku menemukan kekuatan dalam ketenangan, kebijaksanaan dalam penyaringan pikiran, dan kebahagiaan dalam memilih jalanku sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat Beradaptasi di Kalimantan Tengah buat Perantauan Jawa Agar tidak terjadi Cultural Shock

Meme dan Politik: Senjata Ampuh atau Bumerang?

Dampak Kenaikan Suku Bunga terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Skenario Multiplayer Efeknya